Beranda | Artikel
Di Antara Manfaat Tauhid
Selasa, 22 Maret 2016

Tauhid adalah tempat bergantung para wali Allah dan juga musuh-musuh-Nya. Ia bisa menyelamatkan mereka dari bencana dunia dan malapetakanya. Allah Ta’ala berfirman:

فَإِذَا رَكِبُوا فِي الْفُلْكِ دَعَوُا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ فَلَمَّا نَجَّاهُمْ إِلَى الْبَرِّ إِذَا هُمْ يُشْرِكُونَ

Maka apabila mereka naik kapal mereka mendoa kepada Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya; maka tatkala Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, tiba-tiba mereka (kembali) mempersekutukan (Allah)” (QS. Al-‘Ankabut: 65).

Bagi para wali Allah, tauhid menyelamatkan mereka dari kegelapan-kegelapan dunia dan akhirat serta bencana-bencananya.

Karena itu Nabi Yunus berpegang kepadanya dan Allah menyelamatkannya dari kegelapan-kegelapan yang beliau alami. Dan para pengikut Rasul berpegang kepadanya, maka mereka diselamatkan dari adzab yang ditimpakan kepada kaum musyrikin di dunia, dan siksaan yang disiapkan bagi mereka di akherat.

Ketika Fir’aun hendak berpegang kepadanya, kematian tampak di depan matanya kebinasaan dan hampir tenggelam, hal itu tidak lagi bermanfaat baginya, karena keimanan ketika sudah melihat langsung tidaklah diterima.

Inilah sunnatullah pada hamba-hamba-Nya, tidak ada sesuatu yang dapat digunakan untuk menolak persoalan dunia sebagaimana halnya tauhid, oleh karena itu doa ketika kesusahan adalah tauhid, doa Nabi Yunus yang beliau panjatkan adalah tauhid.

Tidaklah sesorang mengalami kesusahan lalu berdoa menggunakan tauhid melainkan Allah melapangkan kesusahannya dengan sebab tauhid. Tidak ada yang mencampakan dalam bencana besar kecualai syirik, dan tidak ada yang bisa menyelamatkan dirinya kecuali tauhid.

Tauhid adalah tempat berpegang semua ciptaan dan tempat bernanung, benteng dan penolong bagi mereka. Wabillahi at-Taufiiq.

(Mukhtashor al-Fawaid, Ibnu Qoyyim al-Jauziyyah).

***

Penulis: Ust. Fuad Hamzah Baraba, Lc.

Artikel Muslim.or.id

🔍 Tulisan Arab Robbana Atina Fiddunya Hasanah, Tentang Malaikat, Hukum Dan Ibadah Dalam Islam, Hijab Yang Benar, 10 Pembatal Keislaman


Artikel asli: https://muslim.or.id/27717-di-antara-manfaat-tauhid.html